Sabtu, 16 Juni 2018

Penyebab Mobil Overheat

Penyebab Utama Suhu Mesin Mobil Tinggi

Berkendara dengan nyaman dan tanpa kendala adalah harapan semua orang tentunya. Tapi kadangkala akibat hal-hal kecil dan karena kelalaian kita sendiri, perjalanan dengan kendaraan pribadi menjadi tidak nyaman dan bermasalah. Salah satu kendala umum yang sering terjadi dan sering dijumpai adalah mesin mobil mengalami OVERHEATING atau suhu panas yang melampaui batas maksimal dari daya tahan suatu mesin. Dan overheat sering kita jumpai pada mobil dijalanan yang padat, macet, atau jalan menanjak.

penyebab mobil overheat
indikator temperatur
Hal tersebut terjadi karena mesin terus menyala sedangkan airflow atau aliran udara dingin yang melewati mesin sangat kurang, sedangkan air radiator tentunya juga sudah sangat panas dan ada kemungkinan saluran radiator tidak lancar atau tersumbat.

Beberapa hal berikut harus diperhatikan untuk menghindari overheating pada mesin mobil anda:
  • Mengecek kelancaran sirkulasi dan level air radiator/coolant secara total.
  • Mengontrol kebersihan dan kinerja kipas pendingin / fan radiator secara rutin.
  • Mengurangi penggunaan AC dijalan yang padat dan macet, karena AC sangat membebani mesin.
  • Tidak membawa beban diatas batas maksimal
  • Mengecek kondisi Ban, karena Ban yang kurang angin berimbas pada beban yang bertambah pada mobil.
  • Menghindari jalan yang padat bila mobil dirasa memiliki resiko overheating dijalanan macet atau terlalu menanjak.

Dianjurkan untuk mobil yang sudah pernah mengalami overheating, sebaiknya berhati-hati ketika berkendara jauh. Atur waktu perjalanan kira-kira 3 jam sekali berhenti sekitar 15-30 menit supaya mesin tidak mudah overheating. Diusahakan selalu sedia air radiator cadangan guna menambah atau mengganti air radiator yang susut atau berkurang.

Baca juga : indikator check engine menyala

Penyebab utama overheat pada mesin mobil adalah:

  • Kondisi tabung radiator dan komponen pendukungnya ada yang bocor. sehingga cairan pendingin habis.
  • Masalah tersumbatnya radiator dan kecilnya sirkulasi cairan radiator, serta kipas pendingin yang sudah tidak bekerja dengan baik sehingga suhu mesin akan terus meningkat seiring penggunaan mobil.
  • Faktor tak terduga yang meliputi skill pengemudi dan kondisi lain seperti kemacetan parah, cuaca dengan suhu panas, beban berlebih dan jalan menanjak yang terlalu curam.
  • Dan penyebab lain diluar kedua hal tersebut adalah tidak bekerjanya sensor panas pada mobil sehingga indikator suhu mesin tidak terpantau dengan baik, atau indikator temperatur tersebut rusak.
  • Overtime pada penggunaan mobil juga berperingkat tinggi dalam menyebabkan kasus overheat tersebut. ini didominasi oleh mobil yang digunakan pada lingkungan lalu-lintas yang padat.

Demikian ulasan penyebab overheat pada mobil. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar