Jumat, 18 September 2015

Cara Mengetahui Temperatur Pada Mobil Datsun Go

Cara Mengetahui Temperatur Pada Mobil Datsun Go

Sobat pembaca pasti pernah memiliki pertanyaan yang sama dengan judul artikel ini. yang memang sangat sering ditanyakan juga oleh pecinta Datsun yang sudah memiliki ataupun belum memiliki LCGC tersebut. Munculnya pertanyaan disebabkan karena memang pada tampilan speedometer Datsun tidak dilengkapi analog temperatur meter seperti pada mobil lainnya, melainkan dilengkapi dengan indikator temperatur meter yang otomatis akan muncul untuk memberikan peringatan dini jika temperatur mesin sudah mendekati suhu diambang panas maksimal. dan antisipasi pertama yang harus segera dilakukan jika tanda ini muncul adalah segera cari tempat yang aman untuk berhenti dan matikan mesin mobil dengan segera dan diamkan hingga dingin, setelah dingin segera check isi radiator, tabung reservoir, dan saluran pendukung radiator.
indikator suhu mesin mobil datsun
indikator suhu mesin mobil
Bila mobil anda dilengkapi dengan indikator otomatis untuk suhu dingin dan panas, sewaktu mobil pertamakali anda nyalakan setelah mesin mobil dingin kurang lebih 24 jam, maka ketika kita memutar kunci ke arah ON/ignition akan muncul lambang suhu yang berwarna hijau, atau mungkin bisa berbeda sesuai dengan merk dan jenis mobil tersebut.


Dan pada Datsun Go, apabila mesin masih dalam kondisi dingin, maka indikator suhu mesin tidak akan tampil didisplay speedometer, namun bila mesin sudah mendekati suhu diambang panas maksimal, maka akan muncul lambang suhu (termometer) yang berwarna merah. dan itu artinya mesin mobil harus segera dimatikan supaya tidak terjadi overheat.

Nah pada Datsun Go+ dan Go Hatchback, hanya dilengkapi lambang  untuk suhu panas saja.
Jadi apabila dalam perjalanan tiba - tiba saja indikator termometer berwarna merah tersebut muncul pada tampilan panel speedometer didatsun anda, segera berhenti dan matikan mesin, diamkan sampai mesin mobil dingin atau sekitar 1 jam, kemudian check seperti yang sudah diuraikan diatas, kemudian nyalakan kembali dan segera dibawa ke bengkel resmi terdekat untuk mengecek kondisi mobil Datsun anda. Dan sebaiknya selalu siap siaga menyimpan kontak bengkel resmi terpercaya supaya memudahkan komunikasi disaat-saat darurat ketika bepergian dengan kendaraan anda. Semoga Bermanfaat.