Selasa, 20 Juni 2017

Berkendara Aman Hati Nyaman

Berkendara Aman Hati Nyaman

Tips khusus ini berlaku untuk penggunaan kendaraan setiap hari, atau saat perjalanan jauh seperti mudik lebaran, travelling atau touring bagi anda dan keluarga, dan untuk semua aktivitas dengan menggunakan kendaraan.
Berkendara Aman
ilustrasi
Terdengar sepele memang, dan mungkin menggelikan ketika membaca atau mendengar judul artikel ini, terkesan sangat tidak penting, namun jika anda sadar betul akan berharganya keselamatan jiwa anda dan jiwa orang lain, terkait dalam keamanan berkendara, maka anda akan sangat memaklumi perihal keamanan dan keselamatan dalam mengendarai mobil atau alat transportasi lainnya. karena dengan rasa aman anda akan merasa nyaman dan dapat melakukan semua hal dengan kondisi hati dan pikiran yang tenang dan tidak panik.

Berikut ini tips aman sebelum anda menggunakan kendaraan anda:

  • Check up kendaraan dengan benar & teliti, baik mesin, rem, oli, cairan radiator, kondisi ban, batteray, air wiper dan steer. Serta bersihkan kendaraan dengan menyeluruh baik dalam atau luar. Gunakan aroma therapy yang aromanya tidak menyengat sebagai pilihan pewangi kabin.
  • Siapkan daftar nomor telephone penting dari layanan bengkel mudik, layanan derek yang siaga mudik, layanan kepolisian dalam jalur mudik, serta layanan ambulance siaga mudik. Semua untuk berjaga-jaga. Tidak ada salahnya kita siapkan bukan?
  • Tentukan rute yang paling aman, misal ambil jalur yang relatif dekat, aman dan bebas kerusakan yang parah. Atur Map location dengan gps pada smartphone jika ada. Serta siapkan peta manual mudik terbaru. Karena bukan tidak mungkin kita lebih membutuhkan panduan manual saat break atau saat smartphone lowbatt.
  • Pastikan titik-titik rest area, rumah makan dan spbu , jika perlu bisa ditandai. Supaya bisa berestimasi penggunaan bahan bakar dan jarak yang harus ditempuh. Serta tentukan waktu istirahat agar anda tidak kelelahan.
  • Jangan terlalu banyak membawa barang-barang yang tidak penting. Karena selain akan memenuhi ruang kabin, pasti akan mengganggu kenyamanan saat kita berada didalam kendaraan. Pastikan kita membawa barang-barang yang berguna dan tidak membebani kita dan kendaraan kita.
  • Jangan lupa siapkan obat-obatan dan kotak P3k ya. Bukan tidak mungkin kita membutuhkannya saat perjalanan jauh. Jangan sampai ketinggalan minyak angin dan koyo atau gel pereda pegal dan nyeri otot buat pengemudi.
  • Siapkan bekal untuk konsumsi saat perjalanan, diutamakan yang tidak cepat basi dan tidak mudah rusak.
  • Siapkan tissue basah, karena tissue basah bisa digunakan sebagai pembersih wajah yang praktis dan juga memberi efek segar, dan mengurangi rasa lelah dan mengantuk saat berkendara.
  • Gunakan pakaian yang nyaman saat berkendara. Karena kenyamanan berbusana mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.
  • Jangan mengkonsumsi obat yang dapat menyebabkan ngantuk.
  • Pastikan untuk penumpang yang lebih tua semisal kakek atau nenek atau usia lanjut untuk duduk dibaris kedua, dikarenakan letak sumbu tengah kendaraan roda 4 berada ditengah, dan minim goncangan.
  • Jaga kesabaran, jaga konsentrasi, dan kondisi badan. Karena ketika melakukan perjalanan jauh anda akan sangat membutuhkan 3 hal tersebut.


Demikian tips berkendara aman dari Otomotifan.
Silahkan share, semoga bermanfaat.