Sabtu, 15 Juli 2017

5 Tanda Kampas Rem Harus diganti

Tanda Kampas Rem Mobil Habis

KAMPAS REM atau bahasa kerennya brake pad, adalah bagian penting dari sebuah kendaraan yang harus selalu diperhatikan kondisi dan fungsinya secara rutin dan berkala. ini dikarenakan kampas rem memiliki peran utama dalam memberhentikan putaran roda, selain engine brake.
dalam aktivitas sehari-hari dengan kendaraan baik roda dua atau roda empat, rem sudah menjadi bagian pengaman utama dalam kegiatan tersebut. maka sebaiknya kita mengetahui tanda-tanda bila kampas rem sudah habis, atau aus dan harus segera diganti. Selain itu, jika kondisi pad sudah mengeras dan tidak lagi bisa terkikis bila digunakan, dan malah mengikis disc brake atau tromol pada kendaraan, maka ini harus segera diganti. dikhawatirkan akan menyebabkan tingkat kerusakan yang parah pada piranti pengereman tersebut.


tanda kampas rem mobil habis
ilustrasi
Dalam sebuah mobil pasti memiliki 4 roda beserta remnya masing-masing, adapaun jenisnya bisa berbeda-beda sesuai jenis dan spesifikasi mobil itu sendiri. tapi pada umumnya mobil menggunakan perpaduan sistem rem ganda antara rem cakram atau disc brake pada bagian roda depan, dan rem tromol atau drum pada roda belakang. dan ada juga yang di keempat rodanya menggunakan rem cakram. secara umum, ada 5 tanda yang dapat diketahui dan dirasakan langsung oleh pengendara, untuk mendeteksi bahwa kampas rem atau kondisi rem suatu kendaraan sudah hampir habis, sudah habis, atau ada kendala lain. berikut tanda-tanda tersebut yang harus diperhatikan dan dicermati.

1. Pijakan pedal rem terasa lebih dalam saat melakukan pengereman, hal ini terjadi karena ketebalan kampas rem sudah menipis lebih dari batas wajar. karena disetiap brake pad mempunyai batas toleransi ketebalan. atau dikarenakan ada kebocoran saluran rem.

2. Ada getaran yang tidak biasa, dan terasa saat melakukan pengereman. hal ini bisa disebabkan karena kampas rem sudah tidak pada posisinya, dan biasanya ada bagian dari kampas rem yang cuil atau hilang. dan bisa juga disebabkan oleh cakram yang rusak atau luka akibat gesekan dengan plat alas kampas rem yang sudah habis tapi tidak segera diganti, atau ada benda asing yang terjepit diantara disc dan kampas rem.

3. Timbul suara decit seperti gesekan logam dengan logam. suara decit akibat gesekan plat alas kampas rem dengan cakram atau bila pada rem tromol bergesekan dengan bagian dalam tromol pada velg. selain sangat mengganggu, gesekan ini juga menimbulkan energi panas yang dapat membahayakan mobil dan pengendara.

4. Porsi minyak rem dalam tabung brake fluid berkurang. apa bila level minyak rem berkurang, bisa jadi kampas rem telah menipis. atau bisa juga terjadi kebocoran pada saluran minyak rem.

5. Terjadi loss atau blong saat melakukan pengereman. bila kampas rem habis dan kendaraan sedang mengangkut beban yang berat, biasanya loss rem bisa terjadi. dan umumnya mobil niaga yang sering mengalami hal tersebut.

Jika ada salah satu tanda yang dialami oleh sobat pembaca saat mengendarai kendaraan pribadi, sebaiknya segera lakukan pengecekan ke bengkel langganan, atau bila bisa melakukanya sendiri tentu lebih baik lagi. alasan utama kenapa harus segera mengganti kampas rem adalah KESELAMATAN. dan banyak sekali yang masih belum mengetahui usia kampas rem dalam batasan jarak tempuh maksimal yang harus diperhatikan.

  • Mobil manual: memiliki usia kampas rem rentang jarak tempuh 40rb-60rb km dengan asumsi kampas rem yang digunakan adalah standart pabrikan atau asli. dan dengan cara mengemudi yang normal.
  • Mobil matic: memiliki batasan yang lebih rendah dibanding mobil manual yaitu rentang jarak tempuh 25rb-30rb km, dengan asumsi yang sama, yaitu menggunakan kampas rem asli pabrikan atau standart original. dan dengan cara mengemudi yang wajar.

Tanda - tanda kampas rem mobil habis diatas tidak dapat dijadikan acuan bila mobil anda digunakan untuk full driving atau rental. gejala kampas rem habis diatas hanya untuk pemakaian wajar dan normal rata-rata.

Catatan penting : Gunakan selalu spare part asli sesuai merk kendaraan anda. karena standart pabrikan sudah melalui test uji kelayakan dan keamanan yang dijamin.

Silahkan share, semoga bermanfaat.