Jumat, 25 Agustus 2017

Cara membersihkan jamur pada kaca mobil

Kaca Mobil Buram Disebabkan Jamur

Mobil juga bisa jamuran, dan biasanya dalam kondisi tertentu sangat mengganggu pandangan mata.

Cara membersihkan jamur pada kaca mobil
ilustrasi

Biang dari jamur pada kaca mobil adalah dari sisa air yang masih tertinggal setelah mencuci mobil.
Bila kaca mobil belum ditempeli jamur atau kerak noda yang susah dihilangkan pada kaca, sebaiknya dijaga kebersihannya dengan seksama. Keringkan sisa air setelah mencuci mobil dan pastikan tidak ada yang tersisa.

Bila sudah terlanjur ada jamur atau kerak noda pada kaca mobil tapi belum tebal dan masih tipis atau samar tapi banyak, dapat dibersihkan sendiri atau dengan membawanya ke salon mobil dengan biaya yang lumayan.

Apabila ingin dibersihkan sendiri, kita dapat menggunakan beberapa alat dan bahan sederhana yang tidak harus menguras isi dompet, yaitu:

- Siapkan pasta gigi yang mengandung butiran baking soda
- Siapkan air bersih dalam ember atau bila ada siapkan spray penyemprot air.
- Siapkan kanebo dan lap berserat bahan katun ( kaos tidak terpakai )

Langkah - langkah yang dilakukan:

1. Bersihkan kaca terlebih dahulu dari kotoran dan debu

2. Basahi kaca dengan air bersih kemudian diamkan sesaat supaya tidak terlalu basah, lalu oleskan pasta gigi secukupnya kepermukaan kaca pada bagian yang berjamur sebagian dulu, jangan seluruhnya, karena proses membersihkannya harus bertahap.

3. Gosok dengan sedikit ditekan dan dengan pola memutar pada bagian yang sudah diolesi pasta gigi tadi dengan kain bersih yang telah disiapkan. Lakukan dengan seksama.

4. Bila sudah digosok dengan maksimal atau dirasa cukup, semprotkan air atau siramkan air pada bagian tersebut disertai dengan mengusapnya dengan tangan atau kanebo. Dan dapat dilihat hasilnya sudah bersih atau belum jamur pada kaca. Bila kurang bersih, ulangi prosesnya sampai benar-benar bersih.

5. Bila sudah bersih, keringkan dan bersihkan bagian kaca atau mobil yang terkena air, bila perlu cuci mobil dan keringkan dengan maksimal supaya jamur pada kaca dan cat mobil tidak muncul.

Catatan : kondisi air suatu daerah sangat menentukan frekuensi munculnya jamur pada kaca mobil. Sifat jenis air dan kandungannya juga menentukan timbulnya kerak noda pada kaca dan cat mobil. Usahakan selalu membersihkan sisa air setelah mencuci mobil, supaya aman dari kerak noda dan jamur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar