Minggu, 20 Agustus 2017

Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Pintu Mobil

Mengatasi Suara Berisik Pada Pintu Mobil

Mobil anda sering dipakai? dalam jangka waktu tertentu, setelah beberapa tahun dipakai, sering kali ditemukan hal-hal kecil yang sifatnya mengganggu kenyamanan saat berkendara. misalnya : pintu berisik, suspensi berisik, pintu tidak rapat lagi, kaca film mengelupas, timbul karat, dan lain sebagainya.

Namun pada bahasan kali ini, kita akan mengulas tentang pintu mobil yang berisik meskipun usia mobil belum terlalu tua, atau bahkan masih baru.
Pintu mobil dalam keseharian ketika mobil dipakai paling banyak digunakan rata-rata 75%, yaitu saat akan masuk dan keluar dari mobil. Sedangkan 25% sisanya terbagi dari beberapa aktivitas lain, seperti bongkar muat barang, saat mobil dicuci dan dibersihkan, dan saat perawatan berkala.

Dan problem pada pintu mobil kebanyakan yang pertama kali muncul adalah suara berisik yang sangat mengganggu, apalagi ketika melintasi jalan yang tidak rata atau jalan beralas paving blok.
Kondisi pintu pada mobil baik baru atau lama yang sudah bersuara, biasanya disebabkan karena lima hal, yaitu :

1. Doorlock rusak atau bergeser
2. Karet peredam getaran sudah aus
3. Engsel pintu rusak atau bergeser
4. Menutup pintu tidak rapat.
5. Ada benda asing didalam pintu

Kelima hal diatas biasa terjadi dalam usia pakai mobil diatas 5 tahun.
Tapi sering juga terjadi pada mobil baru stock lama, atau mobil baru yang QC dari pabriknya tidak sempurna.

Pada mobil baru hal tersebut biasa muncul di bagian pintu belakang atau backdoor, hal ini terjadi karena titik benturan akibat jalan berlubang berada dibagian body mobil paling belakang ketika mobil melintasi lubang atau jalan tidak rata, kondisi doorlock atau kait kunci pintu yang tidak presisi posisinya, atau akibat tidak tertutup rapat, dan bobot daun pintu paling berat biasanya didaun pintu belakang atau backdoor.

Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Pintu Mobil
doorlock
Trick menghilangkan suara berisik pada kasus tersebut, cukup dengan menambahkan kain atau pengganjal yang sifatnya kesat, diletakkan pada kait pengunci, atau bisa juga dengan material karet atau lainya, lihat gambar

Cara Menghilangkan Suara Berisik Pada Pintu Mobil
doorlock
Dan apabila suara berisik yang muncul adalah dari pintu sisi kanan atau kiri, harus lebih dicermati lagi, diperhatikan kondisi karet penahan pada daun pintu atau yang menempel dibody mobil, dan diperhatikan engsel pada pintu dengan cara pintu dibuka full kemudian coba digerakkan naik dan turun, apakah ada kelonggaran yang terlalu banyak, dan diperhatikan juga kondisi ulir per pada engsel dan kait pengunci pada pintu.

Apabila ada masalah pada bagian tersebut, sebaiknya segera dibenahi sendiri bila memang bisa dan berani. Tapi bila tidak bisa, sebaiknya diperiksakan saja ke bengkel pintu terpercaya.
Dan apabila hanya disebabkan karena kondisi karet peredam getaran atau karet penahan pintu yang aus atau rusak, cukup dibelikan saja ditoko spare part terpercaya.
Penyebab lain yang biasa terjadi adalah kaca pada pintu yang bergetar bertemu dengan part bagian dalam pintu, seringkali hal ini terjadi akibat rangka penahan kaca bergeser.

Catatan : kondisi jalan rusak, menambahkan karet sebagai ganjal pintu, dan kebiasaan menutup pintu tidak rapat, mobil kurang dirawat, akan mempercepat timbulnya bunyi pada pintu.
Pada mobil yang sudah umur, biasanya faktor bergesernya engsel pada pintu adalah yang umum terjadi. dan solusinya adalah dengan memperbaiki pintu mobil tersebut ke bengkel pintu terpercaya, bila hanya karena karet penahan atau peredam yang sudah rusak, bisa dibelikan sendiri ditoko spare part. Apabila disebabkan karena adanya benda asing yang masuk keruang dalam pintu, maka pintu harus dibongkar dari bagian doortrim dan dicari benda apakah yang berada didalam pintu tersebut dan mengeluarkannya. dan bila anda memasang karet pada pintu mobil sebagai karet pengganjal didaun pintu yang awalnya digunakan sebagai peredam, sebaiknya dilepas, karena mengganjal pintu sama dengan melonggarkan daun pintu itu sendiri secara langsung. dan akibat dari hal tersebut adalah engsel daun pintu akan oblak. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar