Kamis, 14 September 2017

Bahaya Melapisi Kap Mesin Dengan Sticker Hitam

Bahaya Sticker Hitam

Kap mesin atau cover mesin pada bagian depan atau lapisan penutup mesin mobil sering kali dijadikan sasaran kreativitas pemiliknya.

Bahaya melapisi kap mesin dengan sticker hitam
ilustrasi
Memodifikasi bagian kap mesin sering dilakukan karena bagian ini biasanya memiliki penampang yang lebar dan minim lekukan, serta merupakan wajah dari tampilan sebuah mobil.tak terkecuali melapisi kap mesin dengan sticker beraneka warna. Perlu diketahui, melapisi kap mesin dengan sticker sebaiknya jangan menggunakan sticker berwarna hitam.

Secara ilmiah warna hitam adalah warna primer yang menyerap cahaya atau sinar, baik yang sinar bersifat panas ataupun tidak. Karena hal tersebut, maka sebaiknya jangan menggunakan sticker warna hitam pada bagian kap mesin. Suhu mesin yang tinggi ketika beroperasional sangat membutuhkan perantara pelepas panas yang baik guna menjaga suhu maksimal kinerja mesin tetap stabil, dan mencegah terjadinya overheating pada mesin.

Nah.. Hubunganya dengan sticker warna hitam pada kap mesin adalah Sticker warna hitam menyerap cahaya dari luar dan menyalurkannya pada lapisan kap mesin, sedangkan suhu mesin dari dalam juga melepas suhu panas melalui lapisan kap mesin.
Bila suhu panas mesin dari dalam ruang mesin bertemu suhu panas matahari dari luar yang diserap oleh sticker warna hitam, tentunya akan menghasilkan suhu panas yang lebih tinggi, yang juga secara langsung merambat pada plat lapisan kap mesin mobil tersebut tanpa terhantarkan secara maksimal tentunya. dan ini dapat menyebabkan overheating pada mesin mobil.

Resiko umum yang dapat terjadi akibat pemasangan sticker hitam pada kap mesin mobil adalah :

  • Cat terkelupas akibat suhu panas yang tinggi yang tidak terlepas dengan baik. dan cat terangkat ketika melepas sticker pada kap.
  • Suhu kabin menjadi mudah panas, sehingga evaporator AC akan bekerja lebih berat mendingingkan udara dalam kabin, efeknya bahan bakar jadi boros.
  • Overheat pada mesin yang memiliki mobilitas tinggi ketika siang hari, akibat panas berlebih yang tidak terlepas dengan baik akibat penampang kap mesin terlapisi sticker.
  • Luka pada lapisan kap mesin akibat alat cutting ketika pemasangan sticker dapat menjadi biang korosi pada plat kap mesin.

Saran terbaik, lebih baik tidak menambahkan sticker pada body mobil, karena resikonya dapat mengganggu, dan berbahaya bagi mobil anda sendiri.

Sayangi mobil anda dan rawat tanpa melampaui standarisasi yang ada. Khusus modifikasi sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu guna menghindari resiko-resiko yang merugikan.

Semoga Bermanfaat.

7 komentar:

  1. Kalau mobilnya warna hitam gimana panas kap mesinnya?

    BalasHapus
  2. Terimakasih telah berkunjung, menanggapi pertanyaan diatas, jika pada mobil berwarna hitam yang kap mesinnya tidak dilapisi sticker (isolator) maka tidak akan menimbulkan dampak yang terlalu buruk dibandingkan dengan warna lain yang terlapisi, ini disebabkan karena sistem pelepasan panas yang memerlukan media pelepas yang dapat menghantarkan pelepasan panas tersebut dengan baik. pada mobil, panas ruang mesin akan direduksi dengan radiator, kap mesin, dan frame bagian depan. nah jika ada hambatan pada salah satu media penghantar tersebut maka secara otomatis akan menghambat penyaluran atau pelepasan panas dari dalam ruang mesin. sticker adalah media pelapis yang bersifat solid dan tidak menyerap atau menghantarkan panas sama sekali da menghalangi penguapan panas pada kap mesin. ini mungkin berguna jika dipakai melapisi benda yang permukaannya adalah bukan penghantar panas seperti furniture atau benda lain yang tidak menjadi pelepas panas. resiko overheat, cat rusak, dan komponen karet cepat keras dan lainnya, akibat pelepasan panas mesin pada kap yang terhambat juga memerlukan biaya yang tidak sedikit dibanding pengaplikasian sticker itu sendiri.semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Kalau dikasih warna lain apa pengaruhnya

    BalasHapus
  4. Kalau dikasih warna lain sepertinya efeknya tidak terlalu signifikan. Warna hitam memang sangat menyerap panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali.. banyak yang sudah mengalami suhu mesin dengan cepat akibat disticker hitam.

      Hapus
    2. setuju...klo mau gaya tekstur carbon lebih baik sekalian cetak ulang kap mesin buat versi yang carbon beneran, mobil lebih enteng dan keren.

      Hapus
    3. Perlu dana lebih banyak sepertinya gan kalau pakai carbon

      Hapus