Minggu, 17 September 2017

Perawatan Mobil Saat Musim Hujan

Cara Merawat Kendaraan dimusim Hujan

Sobat semua, musim hujan sudah mulai datang di beberapa daerah di Indonesia. Kebutuhan akan alat transportasi mobil sepertinya sudah biasa dan sudah umum.

Perawatan mobil saat musim hujan

Panel power window

Perlu diperhatikan ketika musim panas beralih ke musim hujan, perawatan pada kendaraan bermotor harus lebih sering dilakukan dari pada ketika musim panas. Hal ini disebabkan karena kendaraan pasti memiliki dan menggunakan piranti elektronik yang rentan terhadap air.

Bagian-bagian utama dalam kabin yang perlu diperhatikan adalah ruang kabin depan disekitar dashboard, sisi control power window pada driver seat, ruang mesin, dan sisi dalam pintu mobil yang memiliki control power window, serta karpet dasar mobil.

Sebisa mungkin untuk selalu menjaga supaya terhindar dari kondisi basah, terkena percikan air, atau resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti :

- korsleting dan kebakaran

- mogok dijalan

- interior mudah kotor, lembab dan bau

- fungsi kelistrikan mobil terganggu

- penggantian spare part sebelum masa pakai habis (kampas kopling) karena biasanya sering terjadi kemacetan ketika musim hujan

- timbul karat dan suara-suara decitan

- ban gundul juga dapat menyebabkan mobil mudah tergelincir atau kehilangan traksi roda ke aspal.

Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan ketika beraktivitas dengan mobil di musim hujan :

- kurangi aktivitas yang tidak mendesak ketika musim hujan

- pastikan bahwa mobil tidak sedang rewel, dan dalam kondisi prima jika hendak digunakan

- sediakan payung lebih dari satu (jangan egois)

- lapisi karpet dasar kabin dengan lapisan yang menyerap cairan

- siapkan kanebo atau lap kering dan tissue yang tebal untuk antisipasi bila ada percikan air yang mengenai control power window dan bagian sisi daun pintu

- meminimalisir penggunaan AC, karena udara kabin yang lembab dapat memicu embun pada bagian yang belum tentu dapat dijangkau.

- jangan lupa untuk servis rutin dan selalu menjaga fungsi kelistrikan mobil, cek dan tambah level air aki supaya aki mobil tetap terjaga dan full power.
Jangan lupa cek kaki-kaki, kondisi ban, dan rem. Kalau mantan lupain aja. Hehe.

- hindari penggunaan kaca film mobil yang gelap, karena menggangu jarak pandang.

- sering bersihkan ruang kabin untuk mencegah timbulnya jamur pada jog dan doortrim.

Note : keselamatan paling utama, hindari berkendara dengan kondisi terburu-buru dan emosi. Selalu ingat keluarga dirumah ya gaess.

Baca juga :
Tips pintu mobil berisik dan
waspada indikator check engine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar