Minggu, 08 Oktober 2017

Tips Hemat Biaya Perawatan Mobil Anda

Menghemat Biaya Perawatan Kendaraan

Mobil anda sering digunakan, tentu harus diperhatikan kondisi mobil supaya selalu dalam kondisi prima dan siap jalan kapanpun anda inginkan.

biaya perawatan mobil
ilustrasi

Berbicara mengenai kondisi sebuah mobil, pasti terkait dengan perawatan rutin berkala yang sudah menjadi jadwal pasti untuk menjaga kondisi sebuah mobil.

Dan sudah tentu biaya yang akan dikeluarkan untuk merawat kondisi sebuah mobil akan lebih besar apabila usia pakai mobil tersebut sudah diatas 5 tahun.
Dan dalam hal ini ada beberapa hal sebenarnya yang bisa dilakukan untuk menekan biaya perawatan mobil yamg masih dalam keadaan standart pabrik.

Pertama:
  • Service rutin sesuai anjuran dan garansi pabrikan - Biasanya biaya yang dikeluarkan ketika perawatan berkala dibengkel resmi akan lebih mahal, Hal ini karena specialisasinya jelas berbeda jauh. Dari segi tekhnisi yang khusus, kebersihan tempat dan mobil terjamin, pelayanan, keamanan, kenyamanan, akurasi perbaikan dan peralatan yang jelas lengkap serta adanya garansi baik pelayanan ataupun spare part. Nah poin hematnya dimana? Poin hematnya terletak pada jaminan garansi service, keaslian sparepart dan keamanan mobil anda.
  • Garansi - Kita bisa mengajukan garansi apabila dalam masa garansi service dirasakan ada kendala pada mobil, atau sparepartnya rusak. Dan tentunya tidak akan dikenakan biaya lagi, karena mereka memiliki sistem yang rapi.
  • Keaslian Sparepart - Mobil harus menggunakan sparepart asli karena ada jaminan kwalitas, kejelasan masa pakai dan garansi. Apabila menggunakan sparepart tiruan, replika atau kw, maka tidak ada garansi, kejelasan masa pakai, dan kwalitas yang dipertanyakan. Biasanya usia pakai part tersebut tidak akan lama dan perbandingan harga dengan part asli biasanya tidak terlalu jauh. Efek buruknya adalah ketika kita tidak mengetahui kapan masa pakai part tiruan tersebut habis sedangkan resikonya adalah kerusakan pada mobil, tentunya akan menimbulkan masalah baru dan biaya yang lebih banyak lagi.
  • Keamanan - Bila dibengkel resmi atau dibengkel umum yang mengutamakan pelanggan, pasti menggunakan peralatan yang lengkap dan aman bagi mekanik dan mobil, serta seluruh kondisi luar dalam mobil pasti dicheck list terlebih dahulu sebelum mobil diterima service, dan ada bagian tersendiri yang akan menerima mobil serta mengingatkan kita apakah ada kondisi mobil yang kotor, baret, rusak atau ada barang-barang didalam mobil yang harus dibawa atau ditinggalkan.

Dengan adanya mekanisme yang seperti disebutkan diatas, tentunya akan lebih menjamin kondisi mobil dan kenyamanan pemiliknya saat melakukan perawatan berkala pada sebuah bengkel dan tentunya menghemat biaya perawatan karena adanya kejelasan dan kesesuaian antara keinginan pelanggan dan solusinya.

Coba dibayangkan apabila mobil anda salah masuk bengkel, peralatan minim, tidak ada garansi service, pengerjaan asal beres tidak tersistem, tidak ada jaminan keamanan, mobil bersih sebelum masuk setelah keluar jadi kotor, ada kendala dan komplain tidak ditanggapi, tapi harga murah. Apakah anda rela dan masih mau mengulanginya lagi? pastinya anda akan menjawab tidak mau mengulangi hal tersebut.

Keselamatan, ketenangan dan kenyamanan saat berkendara merupakan idaman bagi semua pemilik kendaraan dan hal tersebut harus didukung dengan perawtan yang optimal. Seperti keterjaminan perawatan yang dilakukan, keaslian suku cadang serta kualitas tenaga ahli dalam melakukan perawatan suatu kendaraan pastinya sudah disesuaikan dengan kompetensi tenaga ahli tersebut. dan kredibilitas dari sebuah perusahaan atau dealer yang menyediakan bengkel resmi juga dapat menjadi acuan secara khusus. jadi anda tidak perlu ragu untuk menggunakan fasilitas terjamin tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar