Senin, 08 Oktober 2018

Dinamo Starter Mobil Bermasalah? Mungkin ini Sebabnya

Dinamo Starter Rewel ini Sebabnya

Dinamo Starter pada mobil anda bermasalah? Jangan buru-buru panik.
Bisa jadi penyebabnya tidak seburuk yang kita duga.
Sebaiknya dicek terlebih dahulu sebelum buru-buru ambil keputusan untuk menggantinya dengan dinamo starter yang baru. Kendala pada dinamo starter biasanya mulai terjadi pada usia pakai mobil diatas 3 tahun keatas, atau karena faktor lain. Berikut beberapa penyebab Dinamo starter mobil tidak berfungsi dengan baik atau ngadat.
Dinamo mobil bermasalah
ilustrasi
  • Arus listrik dari Accu/Aki tidak lancar atau daya aki yang sudah lemah - Hal ini dapat terjadi karena durasi penggunaan mobil yang kurang dirawat, atau juga karena kualitas aki yang sudah menurun. ini termasuk penambahan atau penggantian headlamp, foglamp, modifikasi audio dan kabel relay yang tidak sesuai, yang juga berpotensi menghabiskan sumber daya pada aki.
  • Kondisi dinamo kotor - Ada kotoran kerak debu yang pekat didalam ruang putar dinamo, biasanya dibagian poros bawah, yang memiliki celah dan tempat yang dapat dimasuki debu halus dan partikel lainnya.
  • Cool booster Brush mengalami aus atau habis - Seringkali ditemukan kepanikan akibat dari komponen ini, karena jika arang atau cool booster brush ini habis, maka akan terasa seperti batrey yang soak atau dinamo yang rusak, fungsi dari brush ini adalah menemukan titik positif dan negatif pada bagian dalam dinamo untuk memancing perputaran as dinamo. dan jika ini habis maka mobil akan susah sekali dihidupkan. solusinya segera diganti dengan brush baru.
  • Gear as dinamo mengalami aus atau meruncing - Jika ini sudah terjadi, sebaiknya beli dinamo baru yang kualitasnya jauh diatas rata-rata. karena kejadian ausnya gear as pemutar dinamo ini sangat jarang sekali ditemukan.
  • Rumah kunci mobil/switch on off dibagian rumah kunci kotor atau sudah rusak - Rumah kunci dileher stir bisa saja kotor dan rusak, ini disebabkan oleh kondisi dimana udara didalam kabin bersifat asam dan anak kunci yang juga mungkin kotot dan ketika dimasukkan kedalam ruang rumah kunci, akan terjadi reaksi kimia antara logam dengan zat asam atau mineral yang berada diudara atau dianak kunci tersebut (terkena keringat, cairan, debu), sehingga akan memicu reaksi aktif dari logam dari rumah anak kunci atau anak kunci tersebut, yangkemudian mengeras dan muncul kepermukaan logam, sehingga akan menghambat aliran listrik yang biasanya lancar.
  • Benturan keras akibat tabrakan atau akibat lain - Selain itu jika mobil pernah mengalami benturan keras dibagian depan, atau pernah tabrakan dan hal lainnya mungkin, yang menyebabkan kondisi dinamo oblak atau rusak karena adanya komponen yang terlepas dan atau terbakar.
Dari beberapa penyebab umum diatas, dapat dilakukan pencegahan yaitu dengan rutin mengecek kondisi dinamo starter, kondisi aki, dan kabel penyalur daya dari aki ke dinamo starter dan rumah kunci. hindari penambahan aksesoris yang bersifat menguras daya batre aki mobil anda, dan jangan segan-segan bertanya keahli dinamo jika memang ada kendala pada mobil anda terkait sulitnya mobil dinyalakan dengan elektric starter. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar