Kamis, 04 Oktober 2018

Hindari aksesoris interior ini jika ingin mobil anda tetap nyaman

Aksesoris Interior yang Harus dihindari

Aksesoris mobil yang umumnya selalu digunakan pada hampir semua mobil pada zaman sekarang adalah sound blaster audio, cover jog, door trim, parfum mobil, audio double din, tweeter audio, tachometer manual tambahan, atau rpm meter, cluster wooden panel, dan laon-lain supaya tampilan interior terdongkrak.
Interior mobil datsun
interior datsun go

Namun dari berbagai pernak-pernik aksesoris interior mobil tersebut, ada beberapa item yang sebaiknya tidak diaplikasikan, karena akan membuat mobil anda tidak nyaman dan menimbulkan resiko yang tidak diharapkan pastinya.

Berikut penulis coba merinci secara ringkas jenis-jenis aksesoris yang sebaiknya tidak digunakan.

  • Power Audio - Audio memang tidak bisa dipisahkan dari mobil, kebutuhan yang sebenarnya tidak utama tapi mempengaruhi pengendara tentunya. Secara normal audio pabrikan sudah disesuaikan untuk pengendara dan sudah diuji coba maksimum level suara untuk masing-masing jenis ruang kabin mobil. Apabila audio ditambahkan intstrument pendukung seperti power, tentunya akan menggunakan daya kelistrikan yang besar, resiko aki cepat drop adalah salah satunya. Resiko telinga sakit dan berkendara menjadi tidak nyaman akibat suara audio yang over adalah yang sering didapati, resiko ini sangat rentan bagi pendengaran anak kecil atau bayi.
  • Cover Jog & Door Trim Murah - Pelapis jog mobil dengan motif dan warna yang bisa dicustom sesuka hati menjadikan kita mudah sekali tergoda untuk mengaplikasikanya pada jog mobil kesayangan. Tapi seringkali terjadi ketidakcocokan warna dan bahan yang malah merubah kenyamanan kabin yang sebelumnya sudah dirasakan cocok, menjadi tidak nyaman, terkesan sempit, dan mudah panas. Perlu diketahui, bahan jog asli bawaan mobil dari pabrik sudah didesain dengan baik supaya dapat mengurangi panas dan getaran didalam kabin, dan warna yang disesuaikan juga sudah didesain supaya pengendara merasa nyaman dan lega ketika berada didalam mobil.
  • Monitor TV/DVD Player - Biasanya aksesoris tambahan ini dipasang diplafon kabin baris kedua pada mobil MPV. Sebaiknya menonton acara tv dilakukan dirumah atau ditempat yang sewajarnya. Karena sering terjadi monitor tersebut malah mengganggu pandangan, membuat kabin terasa penuh dan membebani lapisan plafon kabin. Terkecuali mobil yang memang diluncurkan oleh pabrikan dengan spesifikasi aksesoris tersebut.
  • Double din audio tiruan atau palsu - Sebaiknya beli audio yang jelas spesifikasinya, baik soal merk fleksibelitas dengan jenis mobil, ukuran audio serta daya yang diperlukan apakah sesuai dengan mobil kita, dan harus jelas kualitas serta after salesnya.
  • Parfum mobil pada saluran AC mobil - Sebaiknya letakkan parfum mobil kita ditempat yang lebih aman dibandingkan bila dipasang atau dijepitkan disaluran  Air conditioner / AC. Tampilan ruang kabin jadi tidak enak dilihat, nafas tidak sesak (karena ada sebagian orang reaktif terhadap wewangian yang tajam) serta fungsional saluran AC jadi terganggu.
Demikian beberapa ulasan dari aksesoris interior pada mobil yang sebaiknya dihindari, demi kenyamanan dan keamanan dari pengendara dan unit yang dikendarai tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar