Selasa, 25 September 2018

Kelemahan mesin mobil penggerak depan

Kelemahan mesin mobil penggerak depan 


Mobil dengan mesin Front wheel drive atau penggerak depan sudah sangat banyak beredar diindonesia dan sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat kita.
Adapun jenis mesin mobil seperti ini pasti memiliki beberapa kelebihan yang bermanfaat bagi penggunanya. Dan dengan kekurangan yang tentunya juga akan dijadikan pertimbangan apakah sebagai kekurangan mutlak pada semua jenis mobil FWD atau sebagai resiko dari tipe merk mobil tertentu saja.

honda jazz

Baik, mari kita ulas apa sih sebenarnya kelemahan dari jenis mesin mobil dengan penggerak depan ini:
  • Lost body control - Titik tumpu terpusat dibagian depan mobil.Beban body dan beban muatan menjadi fokus dititik depan mobil, hal ini akan terasa ketika melintasi tanjakan yang sedikit tinggi dan turunan yang curam. Ketika ditanjakan akan terasa sekali mesin bekerja lebih keras dan laju mobil bisa dikatakan lambat dibanding penggerak belakang (RWD). Dan mesin akan mudah panas serta overheat apabila tidak bisa mengontrol pedal gas. Sedangkan ketika dijalan menurun dengan sedikit belokan, handling performance akan sangat terasa kurang mumpuni karena fokus titik beban berada dibagian depan mobil, sedangkan bagian belakang akan kehilangan kontrol karena hanya mengekor roda bagian depan.
  • Kaki-kaki mudah rusak - Kita sering melihat mobil mpv dengan jenis mesin FWD akan sering mengunjungi bengkel shockbreaker untuk memperbaiki kaki-kaki mobil. Mengapa demikian? akibat dari beban pada bagian mesin dan beban muatan yang tidak merata, pastinya akan membuat shockbreaker gak bertahan lama.
  • Lost Power - Saat start awal bisa dibilang bahwa mobil dengan mesin FWD tarikan awal akan terasa lebih lambat dan berat dibanding mobil RWD. Hal tersebut sama penyebabnya pada poin pertama diatas. Ditambah dengan harus siaga saat mobil stop and go dikondisi jalan tanjakan yang macet.
  • Penggantian spare part yang mahal - Banyak sekali yang mengeluhkan mahalnya spare part mobil jenis FWD ini. Karena part jenis mobil ini biasanya saling terkait (intregated), jadi tidak terpisah satu sama lainya. Dan pastinya susah menemukan part tiruan atau KW dari mobil jenis FWD.
  • Harus ke bengkel resmi - Tekhnologi canggih pada mobil jenis FWD saat ini sangat memudahkan pengendara. Namun ketika ada kendala, tidak semua bengkel umum dapat mengatasi masalah yang tengah dihadapi.
Dan biasanya harus menghubungi bengkel resmi terdekat dari lokasi anda.
Adapun kelebihan dan keuntungan dari mobil bermesin FWD dari sisi konsumen akan kita ulas pada artikel selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar