Minggu, 04 November 2018

Knalpot Bocor Bikin Drop Tenaga Mobil

Knalpot Berpengaruh pada Tenaga Mobil

Mobil didesain memiliki karakteristik handling, power, dan torsi yang berbeda-beda sesuai dengan tipe merk mobil dan kapasitas mesin masing-masing. Namun taukah anda, bila penyebab umum dari semua mobil kehilangan tenaga hampir rata-rata sama, Yaitu : busi mati satu atau beberapa, kompresi bocor, nilai oktan bahan bakar tidak sesuai mesin, knalpot bocor, dan permasalahan kelistrikan. Salah satunya yang jarang diduga sebagai biang hilangnya tenaga mobil adalah karena knalpot bocor atau keropos, Kenapa bisa demikian???


Knalpot Mobil bocor
ilustrasi knalpot bocor/patah penyebab tenaga hilang


Mari kita simak penjelasan berikut ini:

Knalpot atau exhaust merupakan jalur pembuangan hasil pembakaran dari ruang bakar mesin ke luar mesin, sekaligus memiliki fungsi sebagai pendukung tenaga mesin yaitu gaya dorong yang dihasilkan dari ruang bakar.

Selain itu knalpot juga memiliki fungsi sebagai pembalik sisa bahan bakar yang tidak sepenuhnya terbakar kembali kedalam ruang bakar mesin. Nah.. apabila jalur knalpot mengalami kebocoran, tentunya akan mengganggu konsentrasi gaya dorong yang dihasilkan dan juga mengganggu panas mesin yang tidak terhantarkan dengan baik serta menyebabkan hilangnya panas mesin sehingga pembakaran yang terjadi diruang mesin tidak sempurna. Dan bila hal ini terjadi, tenaga mobil akan terasa ngempos atau tidak bertenaga seperti biasanya, bahan bakar lebih boros, tenaga dan daya angkut mobil akan menurun.

Hal yang harus dilakukan ketika knalpot terjadi kebocoran adalah langsung membawa kebengkel knalpot, atau bila bisa dilakukan sendiri kita segera melepasnya dan mencari jalur knalpot yang bocor untuk kemudian dilas atau bila harus diganti dengan part baru segera diganti, agar tidak bocor kembali. Sebaiknya hindari berkendara disekitar genangan air, pantai, atau terlalu lama tidak membersihkan bagian kolong mobil. Karena material besi pada knalpot sangat mudah korosi dan berkarat. Karena knalpot memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh kendaraan bermotor maka sebaiknya mendapatkan perhatian khusus. Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar