Sabtu, 10 November 2018

Busi Mati Bikin Mobil Mudah Mogok

Busi Mobil

Busi mobil mati? Jauh dari bengkel? Bahaya memang, tapi Jangan panik, bisa diatasi kok. Sebelum terlanjur parah dan dapat menyebabkan kendala mogok dijalan dan memicu kerusakan lainya.
Busi mobil
ilustrasi busi mobil

Sebenarnya pemicu busi mobil mati ada beberapa hal, namun sebab umum yang sering terjadi adalah dari rembesan oli keruang bakar, usia pakai busi yang sudah melebihi ambang batas, dan kualitas busi.

Lalu bagaimana cara mengetahui kalau BUSI mobil kita setengah mati atau mati? Kan mesin mobil ada banyak tuh businya?

Biasanya pada mobil, kasus busi mati tidak terjadi pada semua busi (tergantung jumlah silinder)
Namun hanya pada sebagian saja.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri utamanya:
  • Mesin tersendat-sendat atau mbrebet saat awal dinyalakan atau saat idle, biasanya saat pertama mesin dinyalakan setelah mesin lama off.
  • Tenaga ngelos atau hilang tiba-tiba dan tersendat-sendat saat dikendarai.
  • Suara mesin terdengar lebih berisik dan tarikan awal terasa berat, biasanya berbarengan dengan mesin mudah mati, dan susah distarter.

Lalu bagaimana cara mengatasi supaya busi mobil tetap dapat bekerja meskipun tidak maksimal dalam kondisi darurat?

Berikut beberapa tips jitu yang bisa anda coba lakukan:
  • Membersihkan bagian elektroda pada busi dari semua kotoran/kerak menggunakan amplas halus atau agak kasar
  • Memecahkan keramik isolator yang berada disekitar ujung pemantik api pada ujung busi dengan menggunakan tang atau obeng atau lainnya
  • Kemudian membakar busi tepat pada bagian ujung pemantik bunga api, namun jangan lupa sebelumnya dirapatkan terlebih dulu celah antara ujung elektroda dengan penutupnya.
  • Setelah itu pasang kembali dan coba nyalakan mesin, coba gunakan berjalan dengan biasa, dan dengan daya tahan sementara tersebut anda dapat segera mencari bengkel mobil atau toko spare part terdekat dan segera menggatinya.
Demikianlah ulasan kasus busi mati beserta tipsnya untuk anda semua. semoga bermanfaat, dan anda juga dapat membaca tips lain dan informasi lainnya seperti:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar