Minggu, 19 Juli 2020

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Ketika kita membeli sebuah mobil bekas, tentu kita akan teliti dan mencari informasi secara langsung kepada pemilik mobil tersebut. Mungkin akan sangat beruntung jika pemiliknya adalah orang yang jujur dan bertanggung jawab terhadap barang yang ditawarkan kepada anda. namun jika tidak, maka kerugian akan menimpa anda.

Lalu apa saja sebenarnya yang harus diperhatikan ketika kita akan membeli sebuah mobil yang secara penampilan seperti masih utuh dan asli tanpa ada cacat? terlepas dari kondisi mesin, serta hal lainnya, mari simak penjelasan dan sekaligus tips cara mengetahui kondisi mobil melalui diagnosis sederhana menggunakan ketelitian dan pengamatan saja.
  • Periksa Plat frame bagian depan dalam mobil - Buka kap mesin, pastikan mesin sudah dingin, kemudian perhatikan baik-baik secara perlahan dari sudut terjauh ( pangkat engsel kap ) secara urut menuju ke arah luar ( frame diatas radiator) dengan memperhatikan setiap ornamen (baut, karet penahan kap, dan lubang tak dikenal) pada frame kanan dan kiri dengan bergantian secara sangat teliti.
    Ciri Mobil Bekas Tabrakan
    ilustrasi
    Pada gambar contoh diatas, terdapat lambang panah berwarna merah yang menandakan titik LUBANG TAK DIKENAL serta posisi baut yang digunakan sebagai acuan kondisi frame depan pada ruang mesin tersebut. Nah.. pada frame mobil dengan letak mesin posisi didepan, hampir semuanya menggunakan frame jenis multiplating, yaitu plat yang saling bertumpuk antara satu dengan yang lain sebagai penopang dan penguat frame serta body, dan juga sebagai area peredam benturan jika terjadi tabrakan. dan pada lapisan frame tersebut ada lubang yang tidak dikenali fungsinya oleh masyarakat awam. Dan lubang asing tersebut memiliki fungsi sebagai sebuah tanda bahwa antara lapisan plat pada frame bagian atas dan bagian bawah dalam kondisi lurus presisi dan tidak bergeser, atau sebaliknya, yaitu bergeser dan tidak lagi lurus atau presisi. Dan jika pada lubang tersebut didapati kondisi lubang antara plat atas dan plat dibagian bawah tidak presisi, maka dapat dijadikan acuan bahwa frame pada mobil tersebut tidak lagi normal. Selain itu, posisi baut pada frame yang utuh dan lurus serta cat frame masih asli juga dapat menandakan bahwa frame mobil tersebut masih dalam kondisi asli dan aman. Cara lain dalam mengamati kondisi mobil bekas yang mungkin pernah menabrak atau tabrakan adalah dengan mengamati secara teliti setiap dudukan Grille, kaki-kaki Penopang Grille, atau dudukan headlamp serta kondisi disekitar Ventilator Radiator, jika terdapat dudukan yang patah, miring, dan kaki-kaki penopang grille tidak presisi, maka sebaiknya cari mobil pilihan lain yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar