Kamis, 23 Juli 2020

Kendala Innova Reborn Diesel

Kendala Innova Reborn Diesel

Toyota Kijang Innova Reborn Diesel terbaru banyak sekali mendapat pujian dari semua pengguna toyota kijang jenis sebelumnya dan juga dinilai sebagai mobil big MPV yang sangat berkelas dan cukup mewah jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hadir dengan desain yang berbeda dengan generasi sebelumnya seolah menunjukkan identitas kijang yang memang selalu inovatif dan memiliki karakter tersendiri didunia otomotif. Namun ada beberapa hal terkait permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh pemilik kijang Innova Reborn Diesel terbaru, dan kendala tersebut bukan hanya terjadi pada unit yang dipasarkan diawal kemunculannya saja, melainkan hingga saat ini, masih ada pengguna yang mengeluhkan permasalahan yang terjadi pada unit milik mereka.
Innova Reborn Diesel AT
Innova Reborn Diesel ini diklaim memiliki tenaga yang besar dan irit bahan bakar solar, serta memiliki suspensi yang bantingannya terbilang lebih lembut dibandingkan dengan generasi sebelumnya, namun Innova Reborn Diesel juga harus dikritik dengan beberapa kendala yang terjadi dikalangan penggunanya. Dan berikut ini beberapa keluhan yang banyak diampaikan penguna Innova Reborn Diesel Matic:
  • Shifting Transmisi Reborn Diesel matic berbunyi kasar - Beda dengan Innova Bensin yang memiliki shifting yang terbilang cukup lumayan halus, Pada Reborn Diesel ini terdapat bunyi seperti tendangan ujung sepatu kaki yang mengenai dinding, lumayan mengejutkan jika sedang melintas dijalan rata dan senyap. selain itu rasa tuas perseneling terasa seret ketika akan dipindahkan pada posisi D ke N, serta dari posisi P ke R. menurut beberapa ahli tekhnis gejala dan gangguan tersebut karena adanya ketidak-sinkronan antara modul TCU (transmission control unit) dengan modul ECU (electronic control unit) pada Innova Reborn Diesel matic tersebut. Dan untuk hal tersebut sudah ada upaya remapping atau reflash pada sistem transmisi, namun tidak mendapatkan hasil yang optimal. karena sifat reflash hanya mengemulasi shifting gigi transmisi supaya lebih lembut dan tidak menghentak, disisi lain reflash ini juga mengurangi transfer energi gaya putar mesin ke gearbox sehingga tenaga mesin akan terasa berkurang. ada pendapat mengenai hal tersebut, disebabkan energi putar mesin yang besar dan daya serta tenaga yang dihasilkan besar, sehingga menyebabkan respon yang agressif pada perpindahan gear, dan pada tarikan, terlebih lagi Reborn Diesel ini memiliki turbo yang memaksimalkan pembakaran untuk mendorong mesin menghasilkan tenaga yang besar.
  • Injector Sering Bermasalah - Reborn dibekali dengan sistem injector yang solid dan presisi, ini memungkinkan penyemprotan atau penyuplaian BBM dengan akurat keruang bakar. Namun ada kendala yang muncul akibat adanya kemungkinan kotornya BBM solar yang masuk, atau karena kualitas solar yang buruk juga dapat memicu masalah pada komponen yang satu ini, selain itu adanya faktor sistem pengaturan penyemprotan yang terganggu atau terlambat dalam merespon kebutuhan BBM pada ruang bakar mesin. Komponen injector pada nozzle injector memang rawan dan harus rutin diservice jika terasa ada tarikan yang tersendat atau suara mesin terasa kasar dan tenaga tidak maksimal seperti biasanya. Dan ada tips dari beberapa pengguna untuk secara berkala membersihkan tangki BBM dibengkel resmi untuk mengantisipasi gangguan dan kerusakan injector, serta menggunakan Solar yang sesuai untuk Reborn Diesel.
  • Turbo Berisik - Menggunakan Turbo merupakan kelebihan mesin Reborn Diesel ini, Namun ada keluhan terkait komponen tersebut, yaitu bunyi berisik yang terjadi akibat baling-baling turbo yang tidak presisi atau mengalami ketidak-seimbangan putaran, dan hal ini dipicu oleh kondisi baling-baling yang tidak kencang dan bisa karena oblak atau kendor. bunyi siulan yang lumayan menggangu hingga kedalam kabin ini juga berdampak pada berkurangnya suplai udara keruang pemampatan, yang mengakibatkan turunnya performa mesin. dan bila dibiarkan dapat merusak turbo dan komponen pendukung lainnya.
Meskipun dikeluhkan dan dikritik dengan kendala yang dirasakan para penggunanya, Innova Reborn Diesel masih menjadi pilihan keluarga indonesia, selain karena alasan irit dan bertenaga serta dapat membawa banyak penumpang, harga bekasnya juga relatif stabil dan cepat terjual ketika diiklankan.

Anda juga dapat membaca:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar