Kamis, 30 Juli 2020

Stir Toyota Hilux Getar

Stir Kijang Innova atau Hilux anda bergetar?

Mungkin jika anda sebagai pengguna Toyota Hilux type double cabin yang diproduksi tahun 2015-2017, saat ini atau mungkin beberapa kali pernah merasakan stir bergetar bahkan terasa sangat bergetar ketika melewati tikungan atau jalan dikecepatan yang lumayan tinggi (70-80)km.
Dan mungkin sebagian tidak menggubris hal tersebut jika belum terjadi sesuatu yang langsung berdampak pada kendaraan tersebut. Padahal jika kita telusuri lebih jauh, sebenarnya hal tersebut terjadi karena adanya masalah pada beberapa komponen atau sparepart pada bagian rangkaian kemudi dan juga pada komponen pendukung kaki-kaki roda mobil.
stir toyota hilux getar
Toyota Hilux Double Cabin 4x4
Toyota Hilux double cabin 4x4 VNTurbo milik seorang rekan pernah mengalami hal tersebut diatas dan bahkan sangat terasa mengganggu, karena bunyi yang timbul dan stir getar sangat membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman serta was-was ketika perjalanan. dan dengan adanya keluhan tersebut akhirnya mobil dibawa kebengkel resmi toyota terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut. setelah dicek ternyata ada kerusakan pada ball join pada long tie rod nya (rack end), dan bunyi asing yang dikeluhkan juga bersumber dari benturan pada komponen tersebut. setelah diganti dengan komponen baru dan asli, keluhan tersebut langsung hilang dan kendaraan tersebut juga langsung dispooring balancing ulang guna memaksimalkan putaran roda dan menormalkan rotasi ban dengan baik.

Setelah selang beberapa waktu sejak diperbaiki dan diganti rack end dari hilux tersebut, maka kami beberapa kali melakukan test drive untuk mengetahui apakah kendala diatas akan muncul kembali atau tidak, dengan membawa Hilux tersebut keberbagai medan jalan yang berbeda-beda, mulai aspal kasar, paving blok, jalan offroad, jalur rusak terjal, dan menyusuri sungai, serta digunakan untuk menikung tajam, dan dari hasil uji coba tersebut tidak lagi ditemukan kendala stir getar dan bunyi asing yang mengganggu. Dan dengan hal tersebut didapat beberapa kesimpulan bahwa ada beberapa penyebab terjadinya masalah pada rack end yang menyebabkan gangguan pada stir yaitu:

  • Aus pada ball joint long tie rod yang sudah berumur diatas 3 tahun keatas dengan penggunaan standart
  • Pergantian ban yang berbeda ukuran dari rekomendasi pabrik, memicu peregangan pada join long tie rod yang lumayan signifikan.
  • Sering parkir dengan posisi mobil menungging atau beban tertumpu dibagian depan mobil yang memberatkan porsi tumpuan kaki-kaki mobil, ini juga dapat merusak shockbreaker depan.
  • Dampak dari doorsmeer yang berlebihan dan mengenai komponen karet pada long tie rod.
  • Tidak segera membersihan bagian rack end setelah dibawa melintasi jalan berlumpur dan kotor yang menyebabkan karat dan kerak pada rack end.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar