Kamis, 22 Juni 2017

Cara Merawat Dashboard Mobil

Merawat Interior Mobil

Adakah bagian yang sering terlewatkan saat kita mencuci mobil? Pasti ada dong.
Dan seringkali bagian dashboardlah yang ketinggalan untuk dibersihkan dengan benar.
Nah, ada tips buat yang suka dengan kebersihan dashboard dan interior mobil nih.
Tips kali ini cenderung untuk interior berwarna hitam ya...
Karena berdasarkan pengalaman umum pengguna mobil.
Yuk langsung ke tipsnya :

-Supaya tetap bersih, mengelap bagian dashboard bukan bagian audio atau panel audio dan AC dengan lap serat yang sudah dibasahi dengan sedikit air, supaya partikel atau debu yang menempel pada dahsboard dapat melekat pada kain serat merupakan salah satu cara umum.

-Gunakan kain lap kering dan minyak kayu putih untuk membersihkan bagian-bagian yang berfinishing glossy atau mengkilap. Atau pada bagian audio, Panel Ac dan steer.

-Jangan membersihkan dashboard dengan sikat atau kain yang kasar.

-Jika memiliki vaccum cleaner keyboard untuk notebook, dapat digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan kain lap.

-Bila memiliki polish khusus dashboard, perhatikan cara penggunaannya, karena tidak semua polish aman dan bisa digunakan pada semua dashboard mobil. Banyak yang awam dengan polish. Dan banyak kejadian dashboard yang rusak akibat penggunaan polish yang tidak sesuai dengan bahan dashboard. Karena banyak mobil mewah menggunakan lapisan kulit pada bagian dashboardnya.

-Jangan bersihkan dashboard mobil dalam kondisi mesin masih menyala atau masih panas. Usahakan membersihkan dashboard mobil pada saat mesin sudah dimatikan dan dingin dan tidak sedang menyala.
Cara Merawat Dashboard mobil
Ilustrasi
Sama halnya dengan dashboard mobil, jog atau seat mobil juga harus diperhatikan kebersihanya lhoo..
Apalagi jog yang berlapis kulit ( leather seat ).

Nah khusus bagi pembaca yang memiliki mobil dengan jog kulit bisa menggunakan polish khusus jog kulit untuk merawat keawetanya. Selain polish khusus, jog kulit juga harus sering dibersihkan dengan kain serat yang memiliki daya serap yang bagus. Seperti kanebo atau kain katun (cotton). Dan untuk membersihkan jog kulit dapat menggunakan minyak kayu putih. Hindari membersihkan jog kulit dengan pembersih yang mengandung alkohol, karena dapat merusak lapisan luar dan dalam jog kulit mobil.

Dan untuk jog mobil yang masih asli bawaan pabrikan, cara membersihkanya adalah dengan vaccum cleaner dan sikat bulu halus.
Jangan menggunakan cairan yaa..
Karena bahan jog yang masih asli pabrikan memiliki pori-pori dengan daya serap yang tinggi.

Khusus untuk interior berwarna beige
Atau krem, harus ekstra hati-hati dan sabar dalam membersihkan interior, salah-salah malah jadi kotor semua. Karena warna ini terang, akan sangat terlihat bila terkena kotoran.

Dalam membersihkan interior warna krem ini juga tidak disarankan menggunakan polish atau cairan lainnya. Karena dapat meninggalkan noda dan menyebabkan interior menjadi kotor.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar