Minggu, 25 Juni 2017

Hati - hati mengganti Blade Wiper Buat Mobil Anda

Kapan Harus Ganti Wiper

Wiper adalah instrumental penting bagi sebuah mobil untuk membersihkan kaca bagian depan dan belakang mobil dari kotoran serta sebagai penghapus air hujan supaya visualisasi pengemudi dan penumpang tetap dapat memadai.
Kapan Ganti Wiper
ilustrasi
Pada semua mobil, wiper pasti terletak dibagian kaca depan dan kaca belakang bagi tipe mobil yang dilengkapi. Dan pada wiper pasti terdapat blade (bilah karet yang memiliki bilah baja pada bagian dalamnya yang berfungsi sebagai kerangka lunak pada karet yang berfungsi menopang karet saat menyapu air atau benda lain pada kaca mobil). Nah.. Bahan karet pada wiper inilah yang harus kita waspadai dengan baik, dari segi mutu bahan, umur, dan ukurannya. Banyak terjadi kasus asal ganti karet wiper yang berakibat fatal pada kaca mobil. Yaitu baret-baret pada kaca, dan suara berisik akibat gesekan karet blade wiper dengan kaca, karena bahan yang digunakan tidak memiliki fleksibilitas yang baik serta mudah pecah dan mengeras.

Dan cara menghindari hal tersebut diatas adalah dengan cara mengganti penggunaan blade palsu atau KW dengan wiper fullset yang asli sesuai jenis dan merk mobil. Karena bukan tidak mungkin, bila kita salah mengganti blade akan menimbulkan kerugian dan kerusakan pada mobil kita sendiri.

Tips memilih blade wiper :

  • Pilih yang asli dari pabrik sesuai jenis mobil anda, jangan asal ganti.
  • Cek kondisi karet dan baja didalam blade, jangan dibeli bila karet sudah keras dan retak-retak, atau baja blade ada yang bengkok atau tidak presisi.
  • Pastikan size atau ukuran sesuai dengan wiper mobil yang dimiliki.
  • Ketika akan mencoba blade wiper baru, jangan lupa basahi kaca dengan air
  • Jangan memasang blade wiper ketika kondisi kaca mobil  suhu yang panas.
  • Angkat wiper dari kaca ketika mobil diparkir diruangan terbuka, atau akan tidak dipakai dalam waktu yang lama.
  • Bersihkan blade wiper sesering mungkin supaya tidak ada gangguan pada wiper mobil anda.

Dan jangan lupa untuk mengganti wiper (karetnya saja) secara rutin yaitu sekitar 1-2 tahun atau tergantung pada kondisi karet wiper mobil anda. dan selain itu selalu periksa kekencangan per pada penopang bilah wiper, karena biasanya terdapat kotoran yang menumpuk disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar