Rabu, 28 Juni 2017

Jangan Lupa Oli Mesin Mobil Anda Ada Umurnya

Bahaya Telat Ganti Oli Mesin

Semua kendaraan bermotor yang ada saat ini pasti semuanya menggunakan oli pelumas mesin. dimana oli pelumas mesin tersebut sangat beragam jenisnya dan sangat berfungsi sebagai pelindungan dan pendukung kinerja dari sebuah sistem penggerak dan sistem pendukung lainnya pada ruang kalter mesin mobil atau mesin lainnya. dan kali ini akan kita bahas mengenai bahaya telat ganti oli mesin pada mobil.

Secara umum, oli mesin adalah sebuah zat cair yang sedikit kental yang memiliki kandungan aktif dan zat tertentu lainnya yang berfungsi melapisi dan melicinkan permukaan komponen mesin yang selalu bergesekan satu dengan lainnya, misal sisi kepala piston yang selalu bergesekan dengan silinder mesin. dan hal ini tentu saja harus dilumasi dengan oli secara maksimal untuk mencegah timbulnya panas berlebih serta terjadinya hal buruk lainnya.

Dan apabila kandungan tertentu serta tingkat kepekatan pada oli tersebut telah habis, maka yang terjadi adalah suara mesin yang nyaring, akibat mesin yang tidak terlumasi secara optimal. dan tentu saja ini akan menimbulkan efek buruk yang akan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil anda.
Bahaya telat ganti oli mesin
Ilustrasi
Pada setiap mobil memiliki porsi serta kriteria oli yang berbeda-beda, sesuai dengan merk dan jenis mobil yang ada dipasaran saat ini. Oli mesin ini memiliki tingkat penggantian yang berbeda-beda sesuai aturan yang dikeluarkan oleh masing-masing produsen. seperti tergantung saran dan opsi batasan dan anjuran dari pabrikan. seperti biasanya berbeda penggunaan atau didasarkan usia oli, pasti berbeda pula rentang waktu penggantian oli mesinnya, seperti ada yang harus diganti dikelipatan angka 5000 km, atau 10.000 km.

Dan jika telat mengganti oli dalam waktu yang lama, akan menyebabkan kerusakan yang menyeluruh pada bagian dalam mesin mobil anda, seperti klep bengkok, ring piston rusak, piston macet, atau rusaknya gear dan as penggerak piston. dan jika hal itu terjadi maka akan sangat memerlukan biaya yang besar untuk memperbaiki mesin yang rusak tersebut. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar