Rabu, 26 Juli 2017

Bahaya Parfum Mobil

Efek Buruk Parfum Cair Pada Interior Mobil

Hampir semua mobil pribadi dilengkapi dengan aksesoris tambahan yang sesuai dengan selera pemiliknya.
Begitu juga dengan pewangi ruang kabin pada mobil, pasti setiap pemilik mobil mempunyai wewangian atau favoritnya masing-masing.

Parfum mobil
Ilustrasi
Perlu diketahui, bahwa wewangian untuk mobil yang diedarkan dipasaran tidak semuanya aman dan berguna.
Karena ada beberapa pengharum ruang kabin mobil yang justru berbahaya bagi manusia bila diletakkan pada ventilator AC mobil.
Reaksi kimia dari bahan pewangi tersebut dengan udara bersuhu rendah pada kabin mobil yang sebelumnya bersuhu normal, akan mengakibatkan senyawa baru yang berbahaya bila terhirup manusia.

Apalagi bila parfum yang digunakan adalah parfum cair, yang memiliki tingkat penguapan yang lebih mudah dibandingkan parfum berwujud gel atau padat.
Dikarenakan mengandung bahan-bahan kimia aktif penyebab atau pemicu timbulnya kanker dan keracunan.
Dan apabila parfum cair tumpah kedashboard, akan meninggalkan noda bercak yang susah dihilangkan bila sudah mengering. Lihat gambar dibawah ini.

Parfum mobil
Ilustrasi
Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan pengendara atau pengguna mobil, baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang.

Tips terbaik untuk mengganti pewangi berbahan kimia adalah dengan menggunakan pewangi alami, seperti bunga melati, mawar, lavender, sedap malam, cempaka, kenanga, bisa juga menggunakan cengkeh, daun pandan, jeruk nipis, biji kopi.

Tips menghilangkan bau tak sedap pada mobil, bila sudah parah, lepas dan keluarkan jog mobil, lepas sarung jog, cuci, keringkan, dan bersihkan kabin mobil dengan seksama.
Bila dalam kondisi dalam perjalanan, buka kaca jendela mobil dan matikan AC, serta hindari membawa barang bawaan yang menimbulkan aroma tak sedap, seperti durian, ikan, dan pakaian atau sepatu yang kotor.