Senin, 24 Juli 2017

Tips Merawat Karpet Mobil

Merawat Interior Mobil

Karpet mobil standart pabrikan pada mobil kebanyakan berstruktur serabut atau menyerupai serabut yang kasar tidak halus seperti kain dan mirip karpet permadani.

Secara fungsi, karpet ini dipasang pada mobil untuk meredam suara dalam kabin, menyerap mikro partikel dalam kabin seperti debu, dan sebagai alas kaki pengemudi dan penumpangnya supaya nyaman saat didalam mobil.

Namun tidak semua orang menyukai karpet standart pabrikan, dengan berbagai alasan yang sebetulnya hampir sama.
Alasan pertama kebanyakan pemilik mobil tidak suka dengan karpet standart pabrikan adalah karena mudah kotor.

cara mudah membersihkan karpet mobil
Ilustrasi
Mengapa demikian? Mengapa lantai dasar pada kabin diberi karpet yang tidak berstruktur halus atau tidak berpori atau solid?
Jawabannya adalah, dengan karpet berstruktur kasar yang berpori, menjadikan kabin senyap, debu tidak beterbangan, dan memudahkan dalam perawatan, serta memberikan rasa nyaman pada kaki.

Jika karpet mudah kotor, itu bisa dicegah dengan mengkondisikan penumpang atau kita sebagai pemilik mobil untuk menjaga kebersihan pada alas kaki sebelum masuk kedalam mobil. Karena sebetulnya kabin mobil yang nyaman, adalah kabin yang selalu dijaga kebersihannya.

Coba dibayangkan saja bila lantai kabin tidak ada karpet dasarnya, pasti jelek bukan? Karena akan terlihat plat logam dari body mobil langsung.

Selain karpet dasar, pada mobil juga disertakan karpet alas kaki pada tiap-tiap posisi penumpang. Karpet alas kaki tersebut biasanya terdiri dari beberapa jenis dengan bahan yang berbeda juga, biasanya tergantung grade suatu tipe mobil.
Ada yang berbahan beludru, soft spring, karet, atau serabut. Karpet alas kaki ini sangat fleksibel, bisa dilepas dan dipasang kapan saja bila akan dibersihkan, biasanya saat mencuci mobil, karpet alas kaki ini akan dilepas dan dibersihkan juga. Dan bila sudah rusak, dapat dibelikan penggantinya ditoko variasi atau toko aksesoris mobil.

Tips supaya kabin tetap bersih dan rapi:

- Jaga kebersihan alas kaki sebelum masuk kedalam mobil
- Rajin membersihkan karpet setelah digunakan dengan alat penyedot debu khusus untuk mobil
- Usahakan kondisi sepatu atau sandal dalam keadaan kering ketika masuk ke dalam mobil
- Hindari meletakkan makanan dan minuman yang mudah mengotori kabin dan lantai
- Karpet dasar dilapisi kulit sintetis mengantisipasi ketika ada minuman yang tumpah supaya tidak menyerap kedalam karpet dasar
- Dan jangan lupa, sering-seringlah mengecek kondisi kebersihan kabin

Baca juga : penyebab knalpot keluar air diwaktu pagi

Semoga bermanfaat, silahkan share ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar