Jumat, 28 Juli 2017

Penyebab Korsleting Pada Mobil

Mobil bisa saja Terbakar karena korsleting 

Fog Lamp atau lampu kabut pada mobil serta Head Lamp, tentu sudah tidak asing lagi keberadaanya. Karena aksesoris penerangan ini sangat berguna ketika mobil digunakan saat malam hari, cuaca hujan deras, cuaca berkabut, atau saat malam hari ketika melintasi jalan yang tidak ada lampu penerangan jalan. Bahkan bisa disebut sebagai fitur utama pada sebuah mobil saat ini.

Namun, dibalik semua hal diatas, terdapat hal penting yang harus diperhatikan, bila ingin menggunakan, memasang atau mengganti lampu utama dan lampu kabut tersebut, atau menambahkan aksesoris yang berkaitan dengan kelistrikan mobil, yaitu ketepatan dan kerapian intalasi, serta kesesuaian nominal beban daya pada aksesoris atau head lamp dan foglamp itu sendiri.

Biasanya pada mobil tipe medium up sudah dilengkapi dengan audio, head lamp dan fog lamp standart bawaan pabrik yang sudah lolos uji tentunya.

Akan tetapi pada mobil tipe standart atau basic, biasanya belum dilengkapi dengan fasilitas audio dan lampu kabut tersebut tergantung merk mobil.
Dan hal ini memicu keinginan pemilik mobil untuk memodifikasinya dengan menambahkan aksesoris tersebut sendiri, dengan berbagai alasan yang tentunya tidak masalah.
Namun perlu diperhatikan bahwa, mobil dengan aksesoris head lamp dan fog lamp tiruan yang murah tidak sepenuhnya bagus dan aman.

Banyak terjadi didunia otomotif, akibat menggunakan aksesoris audio, fog lamp dan head lamp, justru pemilik mobil menjadi merugi akibat mobilnya rusak diperangkat elektroniknya, atau terjadi korsleting yang merusak jalur kabel kelistrikan didalam mobil (kabel body). Serta akibat yang paling buruk adalah terbakarnya mobil.

penyebab korsleting pada mobil
Sedan mewah terbakar akibat korsleting
Kebanyakan hal tersebut disebabkan oleh adanya kesalahan instalasi saat pemasangan aksesoris elektronik lain diluar aksesoris bawaan pabrikan, ampere listrik naik akibat kekeliruan penggunaan atau penambahan kabel, atau karena ada socket atau konektor sambungan pada kabel yang longgar yang juga bisa memicu terjadinya korsleting.

Karena kabel arus listrik pada mobil sudah ditentukan jumlahnya, serta sudah terbagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan besarnya arus listrik pada aksesoris mobil yang sudah ditentukan saat perakitan dipabrik.

Maka sebaiknya kita ketahui dulu jalur listrik manakah yang aman digunakan untuk penambahan aksesoris, juga jumlah beban daya pada aksesoris yang akan digunakan, apakah sesuai batasan kapasitas accu (aki) mobil, tanpa membebani kelistrikan bagian fitur lainya. Biasanya berbeda tipe merk mobil, akan berbeda juga kode warna dan letak jalur kelistrikannya.

Aksesoris kelistrikan dengan harga murah, harus diwaspadai kualitas serta keasliannya. Salah-salah malah anda sendiri yang merugi. Sebaiknya gunakan yang asli standart pabrik agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diharapkan.
Karena sudah banyak sekali mobil rusak terbakar akibat penambahan aksesoris kelistrikan yang tidak disadari penyebabnya oleh pemilik mobil, dan tentunya hal tersebut dapat dicegah dengan lebih berhati-hati dalam mengganti dan menambahkan aksesoris pada mobil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar