Senin, 17 Juli 2017

Mobil Anda Boros? ini Sebabnya

Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar

Efisiensi bahan bakar pada sebuah kendaraan sangat berpengaruh terhadap image atau penilaian masyarakat pengguna suatu merk kendaraan. Banyak juga pemilik kendaraan dalam hal ini mobil, merasa mobilnya sangat boros bahan bakar, tanpa mengetahui faktor-faktor penyebab mobilnya boros.
Penyebab Mobil Boros Bahan Bakar
Fuel meter
Dan dimasa sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang efisien atau hemat bahan bakar sangat utama. Harga bahan bakar yang semakin mahal adalah penyebab utamanya. Namun, masih banyak juga beberapa pengguna kendaraan dengan konsumsi bahan bakar yang tidak irit atau boros, karena ada alasan lain diluar efisiensi. Dan kali ini mari kita bahas mengenai konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada mobil. Mobil anda boros? Atau irit? Mari ketahui sebabnya.

Berikut beberapa faktor utama yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar sebuah mobil yang sehat dan normal secara umum dalam penggunaan sehari-hari.
  • Isi cylinder ruang bakar mesin (cc) - Semakin besar nilai kapasitas sebuah mesin pasti semakin besar konsumsi bahan bakarnya.
  • Kondisi muatan - Bila beban melebihi batas normal daya angkut, pasti kerja mesin menjadi dipaksa, karena berbeda jumlah torsi mesin, berbeda juga batasan daya angkutnya.
  • Kondisi jalan yang ditempuh - Apabila jalan yang dilalui banyak terdapat tanjakan dan trafic light, yang menyebabkan mobil sering berhenti, maka konsumsi bahan bakar pasti meningkat.
  • Cara mengemudi (driving habbit) - Setiap pengemudi pasti memiliki cara berkendara yang berbeda-beda. Dan hal ini juga sangat menentukan konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan.
  • Kondisi suhu udara dan suhu mesin - Semakin tinggi suhu udara diluar, akan mempercepat suhu naiknya suhu mesin mobil, selain akibat dari pembakaran, hal tersebut juga berpengaruh pada tingkat penguapan bahan bakar pada kendaraan. Karena bahan bakar minyak sangat mudah menguap ketika suhu udara tinggi.
  • Penggunaan AC / pendingin udara - Fitur pada sebuah kendaraan (mobil) yang satu ini juga sangat mempengaruhi penggunaan bahan bakar. Karena kinerja fitur ini terhubung dengan putaran mesin.
  • Kondisi ban - Ban yang kondisinya kempes atau kurang angin juga sangat berpengaruh pada kinerja mesin yang berimbas pada pemakain bahan bakar yang lebih boros.
  • Busi mati - Pada mesin 4 silinder terdapat 4 busi yang bila salah satunya mati atau tidak berfungsi, maka akan terjadi pembuangan bahan bakar sia-sia keruang bakar yang tidak terjadi proses pembakaran oleh busi yang mati tersebut.
  • Air Filter kotor - Saringan udara atau filter udara yang kotor karena debu dan partikel lainnya dapat menghambat masuknya udara sebagai campuran pembakaran kedalam ruang bakar mesin, karena jika pasokan udara keruang bakar berkurang atau tidak sesuai porsi, maka pengkabutan oleh injektor tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, dan konsumsi BBM akan semakin meninggi karena suplai udara yang tercampur untuk dibakar sedikit. selain itu efek buruknya adalah mesin cepat panas, tenaga drop dan rusaknya komponen intake pada mesin.
Dari beberapa faktor diatas, dapat diambil kesimpulan utama, bahwa semua hal dalam penggunaan kendaraan sangat berpengaruh dalam konsumsi bahan bakar suatu kendaraan, baik dari segi kondisi kendaraan secara keseluruhan, dan dari cara penggunaan kendaraan tersebut. dan kita tidak bisa memastikan faktor utama ketika mobil yang digunakan membutuhkan BBM diluar sewajarnya sebelum dicek secara menyeluruh kronologis penggunaan dan beberapa faktor yang disebut diatas. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Bahaya Bahan Bakar Oplosan