Rabu, 07 Maret 2018

Tips Mengurangi Titik "Blind Spot" Pada Mobil Anda

BLINDSPOT 


Blind Spot, sebutan yang tentunya tidak asing bagi kita yang sehari-hari mengendarai kendaraan bermotor baik motor ataupun mobil. tapi banyak sekali yang belum paham benar tentang apa itu blind spot.

Kali ini kita akan membahas blind spot pada mobil atau titik pandangan yang tidak dapat terlihat pada sebuah mobil.
definisi blind spot secara gampang adalah titik dimana seorang driver atau pengemudi mobil tidak dapat melihat dengan jelas dan pasti keadaan disekitar kendaran yang dikendarai.

Fungsinya adalah membantu driver untuk mengetahui keadaan di suatu bagian kendaraan yang tidak terlihat melalui spion ataupun pandangan secara langsung.

Banyak kasus kecelakaan seperti serempetan atau menyenggol kendaraan lain yang disebabkan karena akses pandangan pengemudi yang terbatas terhadap keadaan disekitar kendaraan yang dikendarainya.

Dan tips untuk mengurangi hal-hal buruk akibat akses pandangan pada blind spot pada kendaraan yang terbatas adalah dengan memasang kaca blind spot yang tentunya banyak sekali dijual ditoko-toko aksesoris mobil.

kaca blindspot
blind spot mirror pada spion

Jika kita pernah melihat mobil-mobil SUV besar seperti pajero atau fortuner yang memiliki moncong panjang, tentunya pernah terlihat ada sebuah kaca kecil dengan tangkai seperti spion tambahan yang dipasang pada bagian depan mobil sebelah kiri depan (karena posisi stir dinegara kita disebelah kanan), spion kecil itu merupakan "blind spot mirror" yang berfungsi untuk membantu driver mengetahui keadaan pada sisi atas bawah mobil yang dikendarai. lihat gambar berikut ini.


kaca blindspot
posisi blind spot mirror disebelah kiri depan

Ada beberapa varian mobil yang sudah dilengkapi dengan blind spot mirror bawaan pabrik. namun ada juga yang harus dibelikan sendiri. secara harga relatif terjangkau karena tidak semahal kaca mobilnya hehehe. dan yang pasti blind spot ini sangat membantu saat kita berkendara pada jalan yang cukup ramai dan sempit. jika anda memiliki mobil MPV besar bisa juga diaplikasikan blind spot mirror pada belakang mobil agar kondisi sekitar bagian belakang dapat terlihat dari kaca spion tengah. lihat gambar berikut

blindspot mirror
contoh blindspot mirror pada mobil minibus

Jadi kesimpulan dari contoh-contoh dan penjelasan mengenai blind spot adalah, pentingnya pengendara mengetahui titik blindspot pada kendaraan masing-masing, serta segera mencari solusi dengan menambahkan instrument blind spot mirror pada kendaraannya, atau mengurangi hiasan pada dashboard dan pilar utama depan, supaya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kehilangan kontrol
akses pandangan mata secara langsung pada kondisi sekitar kendaraan.

Semoga manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar